Kubah - Ahmad Tohari

Kubah 


SINOPSIS
Menceritakan seorang aktivis politik bernama Karman. Sewaktu kecil, hidup Karman sangat sederhana setelah ayahnya meninggal. Ia diajarkan bekerja kerasa sejak kecil. Ia pun bekerja kepada Haji Bakir untuk menjaga dan menemani anak bungsu Haji Bakir bermain. Ketika dewasa ia dikenal sebagai sosok yang cerdas dan sangat berpotensi dalam bidang politik. Namun karena sifatnya yang mudah terpengaruh, ia pun menjadi anggota PKI.
Setelah kejadian G30S/PKI, Indonesia mengadakan pembersihan paham komunis. Siapa pun yang bergabung dan berhubungan dengan PKI ditangkap dan dijebloskan ke penjara, termasuk Karman. Ia merenung, ternyata selama ini ia berada di organisasi yang salah, di faham yang salah. Hingga akhirnya Karman pun dibebaskan karena masa tahannya habis. Walaupun ia sudah bebas, ia merasa asing karena ia bekas tahanan politik. Ia kehilangan dirinya sendiri selama bertahun-tahun. Ia sering kali merendahkan diri.
Karman sudah tidak lagi tinggal bersama istrinya karena istrinya menikah dengan orang lain. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlangsung lama, Marni—mantan istri Karman—akhirnya kembali ke pelukan Karman. Sekarang Karman telah berbaur kembali denga warga Pegaten. Suatu hari Haji Bakir datang melamar Tini, anak Karman dan Marni. Hingga pada suatu ketika, Karman melihat masjid milik Haji Bakir telah usang. Ia ingat dengan pendidikan keterampilan bertukang saat ia berada di penjara. Ia lalu menemui Haji Bakir, dan menawarkan diri untuk membangun kubah asalkan materialnya disediakan, dan Haji Bakir menyetujuinya. Ia tak mengambil upah sedikit pun, yang ia mau hanyalah kepercayaan waga kembali kepadanya. Ia ingin mengembalikan martabatnya. Dengan kubah itu menjadikan Karman lebih dekat kepada Tuhan Yang Maha Esa.

baca juga : Di Kaki Bukit Cibalak - Ahmad Tohari

TANGGAPAN
Ahmad Tohari menggunakan bahasa yang mudah dipahami. Mengangkat latar suasana PKI yang digambarkan detail bagaimana kejadian hal tersebut. Nilai moralnya adalah tentang politik, sosial, budaya, dan religius. Nilai-nilai budaya yang terdapat dalam novel ini sangat kental. Alur yang digunakan mengguakan sorot balik, terdapat flashback. (musberkisah)


PEI download

Selamat membaca!***



Komentar

Popular Post

Dunia Kafka karya Haruki Murakami

A Man Called Ove - Fredrik Beckman

Musashi - Eiji Yoshikawa