Saraswati Si Gadis Dalam Sunyi - AA Navis

Saraswati Si Gadis Dalam Sunyi

Judul      : Saraswati Si Gadis Dalam Sunyi
Penulis.  : AA. Navis
Penerbit : gramedia 2002
tebal       : 140 hlm


Biografi :
A.A. Navis lahir di Kampung Jawa, Padangpanjang, Sumatra Barat, pada 17 November 1924. Ia merupakan anak sulung dari lima belas bersaudara. Berbeda dengan kebanyakan putra Minangkabau yang senang merantau, A.A. Navis telah memateri dirinya untuk tetap tinggal di tanah kelahirannya. Ia berpendapat bahwa merantau hanyalah soal pindah tempat dan lingkungan, tetapi yang menentukan keberhasilan  tetaplah kreativitas itu sendiri.

Pada tahun 1957 A.A. , Navis menikah dengan Aksari Yasin. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai tujuh orang anak yakni Dini Akbari, Lusi Berbasari Dedi Andika, Lenggogini, Gemala Ranti, Rinto Amanda, dan Rika Anggraini, serta 13 cucu. Setelah menikah, istrinya juga ikut membantu pekerjaannnya sebagai sastrawan. Apabila ia sedang menulis sebuah cerita, istrinya selalu mendampinginya dan membaca setiap lembar karangannya. Ia memperhatikan reaksi istrinya ketika membaca dan itu yang dibuatnya sebagai ukuran bahwa tulisannya sesuai atau tidak dengan keinginannya.

Baca juga : Dibawah Kaki Pak Dirman - Nasjah Djamin

Haji Ali Akbar Navis meninggal di Padang, Sumatera Barat, pada 22 Maret 2003 pada umur 78 tahun. Ia dikebumikan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tunggul Hitam, Padang.

PEI download


Selamat membaca!***

Komentar

Popular Post

Dunia Kafka karya Haruki Murakami

A Man Called Ove - Fredrik Beckman

Musashi - Eiji Yoshikawa